Prodi Ilmu Hukum (PSIH) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion Kurikulum dengan tema “Menghasilkan Sarjana Hukum Yang Unggul, Kompeten, Dan Islami” pada hari Selasa, tanggal 11 Desember 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Dalam acara ini hadir 2 (dua) narasumber yaitu Ketua Pengelola Program Doktoral Ilmu Hukum (PDIH) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Prof.Dr. Marsudi Triatmodjo,S.H.,LL.M dan Kepala Program Doktor Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D dan diikuti oleh 50 (limapuluh) peserta yang terdiri dari peserta internal FH UMY, instansi pemerintahan dan perwakilan pengusaha.

Acara ini digagas oleh PSIH Fakultas Hukum UMY dalam rangka penyempurnaan kurikulum prodi agar PSIH FH UMY dimasa yang akan datang akan dapat menghasilkan lulusan yang semakin unggul, kompeten namun juga tetap memegang teguh nilai-nilai Islami dan guna mempertahankan pencapaian nilai Akreditasi A dari BAN PT yang resmi diperoleh kembali untuk kesekian kalinya pada bulan Juli 2018 lalu.

Dalam forum ini, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo,S.H.,LL.M menjelaskan mengenai bagaimana membentuk sarjana hukum yang tidak hanya menguasai keterampilan hukum dan legal reasoning, akan tetapi juga memiliki compassion (hati nurani), hal ini dapat dicapai dengan mengkombinasikan penyusunan kurikulum yang terintegrasi pada setiap jenjang studi dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Sedangkan Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D membahas secara spesifik mengenai perumusan profil inti, nilai-nilai dan peran lulusan, serta mengupas secara mendalam mengenai perbandingan mata kuliah yang bermuatan keIslaman dengan mengkomparasikan kurikulum di beberapa Perguruan Tinggi yang bernafaskan Islami.

Pada akhir sesi dilaksanakan diskusi yang dipimpin oleh Kaprodi PSIH FH UMY Dr. Leli Joko Suryono, pada sesi ini para peserta diminta memberikan masukan bagi penyempurnaan kurikulum demi kualitas lulusan PSIH FH UMY yang semakin unggul, kompeten dan Islami. Dalam sesi ini, beberapa instansi pemerintah seperti Disnakertrans dan Badan Pertanahan Nasional secara khusus menawarkan program magang bagi mahasiswa PSIH FH UMY.