mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday308
mod_vvisit_counterYesterday639
mod_vvisit_counterThis week308
mod_vvisit_counterLast week5518
mod_vvisit_counterThis month19957
mod_vvisit_counterLast month30144
mod_vvisit_counterAll days927108

We have: 23 guests online
Your IP: : 103.251.180.1
 , 
Today: Januari 22, 2017

International Prog. (IPOLS)

Alumni & Mahasiswa

Apa Kata Mereka

Agenda

There are no events at this time

Login





Designed by:
SiteGround web hosting Joomla Templates
Fakultas Hukum Berwawasan Syariah, Powered by Joomla! and designed by SiteGround web hosting
Laboratorium Ilmu Hukum PDF Cetak

Pendahuluan

Penghargaan Akreditasi A dari BAN-PT menunjukkan bahwa Fakultas Hukum UMY secara umum telah memenuhi standar atau kualifikasi ideal pendidikan tinggi hukum yang ditetapkan oleh Dikti Diknas. Salah satu supporting unit andalan yang dimiliki FH UMY adalah Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LAB Hukum FH UMY). Unit ini diberi amanah 2 hal, pertama, untuk mengelola Mata Kuliah Praktek Kemahiran Hukum yang bertujuan menyiapkan calon sarjana hukum FH UMY siap memasuki dunia profesi hukum.

 

Ada 9 mata kuliah kemahiran praktek hukum yang ditawarkan yaitu Diklat Penyelesaian Perkara Perdata, Diklat Penyelesaian Perkara Pidana, Diklat Penyelesaian Perkara TUN, Diklat ADR dan Arbitrase, Diklat Kontrak Bisnis, Diklat Perundang-Undangan, Diklat Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syari'ah, Diklat Legal IT, Diklat Komunikasi Hukum. Dua mata kuliah yaitu Diklat Penyelesaian Perkara Perdata dan Pidana sifatnya wajib dan sisanya merupakan mata kuliah pilihan. Kesemua mata kuliah kemahiran di atas diampu oleh para praktisi hukum yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Lab Hukum FH UMY dilengkapi dengan Ruang Simulasi Peradilan (Moot Court Room) dan Ruang Referensi (Resource Room) yang menjadi wahana pengembangan kemahiran praktek hukum mahasiswa.

 

Dengan memberikan bekal mata kuliah kemahiran praktek hukum di atas, maka lulusan FH UMY memiliki kemampuan keahlian praktek hukum yang dibutuhkan di dalam dunia profesi hukum nantinya. Hasil kerja keras FH UMY beberapa tahun terakhir ini telah membawa Lab. Hukum sebagai salah satu Lab Hukum yang dijadikan rujukan dan studing banding fakultas hukum lainnya. Beberapa Fakultas Hukum khusus melakukan studi banding pengelolaan lab hukum di FH UMY. Bahkan salah satu Fakultas Hukum ternama di Jakarta khusus mendatang para pengelola dan staf pengajar lab hukum untuk memberikan training pengelolaan Lab selama beberapa hari di Jakarta. Ini merupakan salah satu pengakuan publik yang memacu FH UMY untuk terus mengembangkan Lab Hukum FH UMY ke depan.

 

Fungsi kedua Lab Hukum FH UMY adalah sebagai pusat riset dan pengembangan skill mahasiswa (hard skill maupun soft skill). Pembinaan mahasiswa adalah kunci keberhasilan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, Lab Hukum menyiapkan beberapa program kegiatan yang akan mengasah kemampuan intelektual mahasiswa da mengembangkan kepribadian mahasiswa. Untuk itu, di Lab Hukum FH UMY dibentuk beberapa komunitas pengembangan mahasiswa seperti komunitas peneliti, komunitas debat, komunitas moot court, komunitas penulis mahasiswa. Alhamdulillah, dalam waktu yang masih baru, pembinaan mahasiswa melalui komunitas tersebut telah menggairahkan kehidupan mahasiswa dan Lab Hukum telah menjadi tempat sirkulasi yang menyenangkan bagi mahasiswa dalam kehidupan akademik sehari-hari mereka. Prestasi juga mulai ditorehkan, misalnya akhir tahun 2008, Tim Debat FH UMY menjadi Juara III Lomba Debat Tingkat Nasional dalam Festival Budaya Hukum di Universitas Pancasila Jakarta. Tim Debat Fakultas Hukum UMY juga menjadi salah satu peserta (dari 24 Fakultas Hukum se-Indonesia) Lomba Debat Konstitusi yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi pertengahan Desember 2008 lalu.