Kemahasiswaan

Untuk mengembangkan kemampuan penalaran, menyalurkan minat dan bakat serta meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, maka dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa disingkat UKM. Sampai saat ini ada 26 Unit Kegiatan Mahasiswa yang dikelompokkan menjadi 4 bidang, yaitu: bidang keilmuan, bidang kesenian, bidang olah raga dan bidang khusus, dengan perincian masing-masing sebagai berikut:

Bidang Kesenian

  1. UKM Seni Suara
  2. UKM Teater
  3. UKM Seni Rupa
  4. UKM Kine Klub
  5. UKM Drum Corps
  6. UKM Musik
  7. UKM Fotografi
  8. UKM Seni Tari

Bidang Olah Raga

  1. UKM Sepak Bola
  2. UKM Tapak Suci
  3. UKM Tenis Meja
  4. UKM Sepak Takraw
  5. UKM Kyokushinkai Karate
  6. UKM Boxer
  7. UKM Bola Basket
  8. UKM Taekwondo

Bidang Keilmuan

  1. UKM Kelompok Penelitian Mahasiswa
  2. UKM Pecinta Retorika
  3. UKM Lembaga Pers Mahasiswa “Nuansa”
  4. UKM Pelatihan dan Pengembangan Bahasa Inggris

Bidang Khusus

  1. UKM Mapala
  2. UKM KSR PMI
  3. UKM Kopma
  4. UKM Menwa
  5. UKM Pramuka

Setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diberi kesempatan yang sama untuk ikut aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, maupun Unit Kegiatan Mahasiswa.

Selain organisasi mahasiswa intra universiter, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga berkembang organisasi ekstra universiter, yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah disingkat IMM. Di tingkat Universitas IMM mempunyai Koordinator Komisariat (IMM Korkom), sedangkan di tingkat Fakultas dibentuk Komisariat Fakultas (IMM Komfak).

 

Lembaga Mahasiswa Fakultas Hukum UMY

 

a. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF)

DPMF Fakultas Hukum adalah lembaga perwakilan dari seluruh mahasiswa Fakultas Hukum. Lembaga ini merupakan lembaga legal dan representatif suara mahasiswa baik terhadap kebijakan lembaga intern maupun ekstern. DPMF akan mengakomodasi, mengontrol, merespon, dan mengonsep kebutuhan dan keinginan mahasiswa Fakultas Hukum. DPMF akan selalu memantau kegiatan-kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dengan arif dan bijaksana, sehingga semua program kerjanya dapat memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum.

Kegiatan-kegiatan DPMF Fakultas Hukum dikelompokkan ke dalam beberapa Komisi, yaitu:

  1. Komisi A ( Pengembangan dan Hubungan Organisasi )
  2. Komisi B ( Controling dan Pengawas BEM )
  3. Komisi C ( Kajian Strategi dan Keislaman )
  4. Komisi D ( Pengkaderan )
  5. Komisi E ( Advokasi dan Aspirasi Mahasiswa)

 

b. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH)

Secara struktural Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum berada di bawah DPMF Fakultas Hukum sebagai lembaga yang menampung aspirasi seluruh mahasiswa Fakultas Hukum. Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan sebuah lembaga mahasiswa yang mengimplementasikan aspirasi mahasiswa untuk mengembangkan wacana mahasiswa.

Struktur dan kegiatan-kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dikelompokkan dalam beberapa departemen dan lembaga, yang dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Ketua
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Departemen-departemen
  • Departemen Minat dan Bakat
  • Departemen Kajian Ilmu Hukum dan Penalaran
  • Departemen Hubungan Antar Lembaga
  • Departemen Pers Mahasiswa
  1. Komunitas Debat
  2. Keluarga PKM Fakultas
  3. MCC Petita FH

 

c. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Hukum (IMM Komfak Hukum)

Disamping organisasi mahasiswa intra seperti telah dikemukakan di atas, sesuai dengan Qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah maka salah satu organisasi ekstra universiter yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) diberi kesempatan untuk mengembangkan aktivitasnya secara formal di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Di tingkat Fakultas IMM membentuk Komisariat dan untuk Fakultas Hukum dinamakan IMM Komisariat Fakultas Hukum (IMM KOMFAK HUKUM).

IMM adalah organisasi kader, bukan organisasi massa. Pengertian IMM sebagai organisasi kader harus ditafsirkan bahwa, setiap mahasiswa yang akan menjadi anggota IMM tidak cukup hanya dengan memahami dan menyetujui Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD / ART) IMM saja, akan tetapi harus bersedia dan sanggup mendukung secara aktif cita-cita dan program-program serta selalu berusaha melaksanakan tuntutan-tuntutannya.

 

d. Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( KAUMY)

Untuk pengembangan alumni, telah dirintis pembentukan wadah alumni  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pembentukan wadah alumni dilakukan dalam Reuni dan Musyawarah I Alumni UMY yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 1997 di Kampus UMY. Dalam musyawarah tersebut berhasil dibentuk organisasi alumni yang diberi nama “Kelurga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta” disingkat KAUMY. Apabila dalam suatu daerah banyak terdapat alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta maka dalam perkembangannya wadah alumni UMY di beberapa daerah dapat membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD KAUMY) pada masing-masing daerah.

Di samping KAUMY yang anggotanya adalah semua alumni UMY, dibentuk juga Keluarga Alumni Fakultas yang wadah dari alumni di fakultas masing-masing. Keluarga alumni Fakultas Hukum disebut KELUARGA ALUMNI KOMISARIAT FAKULTAS HUKUM UMY.