Fakultas Hukum bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran LPSK dalam Penegakan Hukum di Indonesia” pada Jumat, 9 November 2018. Acara ini dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai . LPSK merupakan lembaga negara yang diberi kewenangan berdasarkan UU No. 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban

Dekan FH UMY, Dr. Trisno Rahardjo, S.H., M.Hum. dalam sambutannya menjelaskan tujuan diadakannya kuliah umum adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa FH UMY, khususnya yang berkaitan dengan peran LPSK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Kuliah umum ini dihadiri langsung oleh Ketua LPSK, Dr. Abdul Haris Semendawai, S.H., L.LM. selaku narasumber. Dosen Bagian Pidana FH UMY, Mukhtar Zuhdy, S.H., M.H. tampil sebagai moderator yang memandu acara ini. Dalam pemaparannya, narasumber mengatakan peran LPSK adalah memberikan perlindungan kepada saksi dan korban dalam semua tahap proses peradilan pidana. Perlindungan saksi atau korban bertujuan memberikan rasa aman dalam memberikan keterangan pada setiap proses peradilan pidana.

Kuliah umum ini berlangsung sekitar 60 menit dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa FH UMY mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup kritis dan dijawab satu per satu oleh narasumber.