Prodil Alumni

Hasil Analisa yang diperoleh melalui kegiatan tracer study, Analisis SWOT, brainstorming dengan dosen Prodi Ilmu Hukum, Mahasiswa, Praktisi, Birokrat, Akademisi dan Alumni tersebut diketahui bahwa peluang kerja yang terbuka bagi lulusan PSIH FH UMY adalah sebagai :

  1. Akademisi yang meliputi Dosen dan Peneliti yang mampu menguasai konsep teoritis ilmu hukum secara umum dan mampu menganalisa serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dengan mengedepankan prinsip-prinsip syari‟
  2. Praktisi hukum Hakim, Jaksa, Advokat, Notaris, Konsultan Hukum, Legal Officer, Legal Drafter, Legal Auditor, Legal Advisor yang mampu menguasai ilmu hukum secara praktis untuk menyelesaikan masalah berdasarkan prosedur hukum serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dengan mengedepankan prinsip-prinsip syari‟

 

Berdasar profil lulusan tersebut, dirumuskanlah kompetensi utama sebagai berikut :

  1. Kemampuan menguasai ilmu dan logika hukum serta wawasan syariah.
  2. Mampu melakukan penelusuran bahan hukum.
  3. Kemampuan membuat dokumen hukum.
  4. Kemampuan menemukan hukum dan strategi dalam penyelesaian masalah hukum.
  5. Kemampuan menerapkan hukum dan syariah dalam penyelesaian masalah hukum.
  6. Kemampuan bernegosiasi dan berkomunikasi secara efektif.
  7. Kemampuan memahami dan merespon aspirasi masyarakat untuk penyusunan kebijakan.

 

Kompetensi utama tersebut kemudian disusun dan dirumuskan kembali berdasarkan rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI level 6 merumuskan bahwa lulusan PSIH FH UMY Strata Sarjana (S1) yang baru lulus wajib menguasai teori, konsep ilmu hukum dan praktek penerapan ilmu hukum dalam masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Rektor UMY No: 132/SK/UMY/VIII/2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Program Studi Sarjana Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UMY. Kurikulum PSIH FH UMY yang ditetapkan mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh DIKTI dan pencirian (keunggulan) PSIH FH UMY berdasarkan pada 4 unsur pokok dari KKNI dan SNPT 2014 yaitu Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus.

Berdasarkan 4 unsur pokok dari KKNI dan SNPT 2014 tersebut PSIH FH UMY merumuskan kompetensi utamanya adalah sebagai berikut :

  1. Menguasai dasar-dasar ilmu hukum dan syariah dengan baik sebagai basis kajian dan pengembangan ilmu hukum serta memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu hukum ke dalam praktik hukum di masyarakat.
  2. Mampu mengikuti perkembangan ilmu hukum dalam peraturan global dan memecahkan permasalahan secara interdisipliner.
  3. Memiliki keberanian dalam menegakkan nilai keadilan dan kebenaran berdasarkan Syariah Islam dalam dunia profesi hukum dan kehidupan sehari-hari.
  4. Memiliki daya saing yang tinggi untuk mengisi berbagai peluang karir seperti advokat, jaksa, hakim, konsultan hukum dan sebagainya.
  5. Memiliki integritas moral serta kepedulian sosial yang tinggi.